December 13, 2017

Pekan Kenang Pahlawan Skansanesia Berbakti

Hari Pahlawan Di Skansanesia

Jum’at 10 November 2017,  SMK Negeri 1 Bawang ikut memperingati Hari Pahlawan. Bukan hanya sekedar mengadakan upacara sebagai peringatan hari pahlawan tersebut, OSIS SMK Negeri 1 Bawang merancang kegiatan PANAH SAKTI (Pekan Kenang Pahlawan Skansanesia Berbakti) sebagai pemeriah dalam acara Peringatan Hari Pahlawan.

PANAH SAKTI, seperti namanya kegiatan ini berlangsung selama sepekan yang dimulai dari Senin 6 November 2017 dan puncak kegiatan pada Jum’at 10 November 2017. Selama sepekan tersebut setiap paginya ada Speaking Morning yaitu pembacaan sebuah artikel tentang seorang pahlawan  bertujuan untuk menambahkan wawasan siswa tentang para pahlawan zaman dahulu kegiatan ini berlangsung selama empat hari (Senin 6 November – Kamis 7 November 2017) dan juga pengadaan kuis harian yang berlangsung selama 3 hari (Selasa 7 November 2017 - Kamis 9 November 2017) dengan hadiah 1 Voucher Kantin Skansa untuk setiap satu pemenangnya. Kuis ini disebarkan di akun instagram (@skansanesia_bawang) milik SMK Negeri 1 Bawang, untuk pemenang diambil dari komentar yang paling menarik.


Puncak kegiatan PANAH SAKTI, pada 10 November 2017 seluruh siswa , guru, dan staf karyawan SMK Negeri 1 Bawang mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman upacara, dengan petugas dari PKS. Upacara tersebut berlangsung dengan hikmat dan tertib, tidak lupa juga seluruh siswa menggunakan atribut pramuka lengkap. Setelah upacara selesai dilaksanakan, seluruh warga SMK Negeri 1 Bawang mendengarkan cerita dari seorang veteran Bapak Sersan Sugirwo Purnawirawan TNI. Beliau mencerikan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan negara Indonesia yang sangat sulit hingga sekarang Indonesia yang sudah lagi dijajah oleh orang luar.




Pelaksanaan Upacara Peringatan hari Pahlawan

Veteran Bapak Sersan Sugirwo Purnawirawan TNI Sedang Berbagi Cerita

Tidak hanya mengadakan upacara di sekolah, beberapa perwakilan siswa dari ekstrakulikuler dan panitia OSIS juga mengikuti kegiatan ziarah ke Makam Pahlwan Sureng Yudha yang juga dihadiri oleh Bupati Banjarnegara dan jajarannya. Di sana mereka mengikuti rangkaian yang diselenggarakan di sana seperti upacara penghormatan dan tabur bunga. Tidak hanya itu saja di sana mereka juga melakukan bersih-bersih makam baik di dalam makam maupun depan gerbang pemakaman. Selesai kegiatan ziarah mereka kembali ke sekolah untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung di sekolah.



 Tabur Bunga
  


 Bersih Makam




Perwakilan Ekstra dan Panitia

Pada acara puncak ini berlangsung beberapa kegiatan yang berlangsung bersamaan. Seperti acara kuis seputar pahlawan yang dilaksanakan di halaman  upacara sekolah, dimana setiap kelas mengirimkan 2 perwakilan anak kelasnya untuk  mengikuti acara tersebut. Ada 3 metode penyisihan pada kuis ini yang pertama kuis rebutan dengan memukul kenong, kedua dengan menebak potongan gambar dari salah satu palawan dan yang terakhir dengan menceritakan biodata dari nama pahlawan yang didapat dan memperagakan ciri khas dari pahlawan tersebut.  Untuk pemenang kuis seputar pahlawan ini di ambil 10 besar.




Pelaksanaan kuis panah sakti






 
Acara berikutnya KRESNA (Kreasi Lukis Pahlawan Nasional) yang diselenggarakan di Aula Ki Hajar, setiap kelas mengirimkan 1 perwakilan anak kelasnya untuk mengikuti lomba ini. Peserta yang mengikuti KRESNA dibebaskan untuk menggambar tokoh pahlawan siapapun dan teknik seperti apapun ini bertujuan agar mereka dapat berkreasi sesuai keinginan mereka. Untuk pemenangnya diambil 3 besar etelah menjalani seleksi dan penilaian dari juri yaitu Bapak Sasminto.

Lomba fotografi, untuk pesertanya dibebaskan bagi siapapun dan pendaftarannya dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran. Para perserta lomba fotografi juga dibebaskan untuk memilih angle dan kegiatan yang akan foto. Untuk penilaian foto diupload ke akun instagram sendiri dan mention ke @skansaneisa_bawang dengan menggunakan hastag yang telah ditentukan.

   
   




Pelaksanaan Lomba KRESNA & Lomba Fotografi

Acara ini berlangsung dari pukul 7 pagi sampai pukul 11 siang.  Acara diakhiri dengan pembagian hadiah dan juga pembubaran panitia yang diadakan pada 13 November 2017 di Aula Hatta.

                

    

    





Pemberian Hadiah kepada pemenang Lomba KRESNA & Fotografi


0 comments:

Post a Comment