February 26, 2018

Kenakalan Remaja Positif & Negatif





1. Kasus Remaja Positif



Sahabatnesia pasti tau kan apa itu kenakalan remaja? Dalam pengertiannya Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.

Dalam hal ini kenakalan remaja tentu saja banyak menimbulkan kesan yang kurang baik dalam lingkungan masyarakat, dan seperti yang kita ketahui misalnya narkoba, pergaulan bebas, tawuran dll
Selain meresakan masyarakat lingkungan sekitar kenakalan remaja juga sangatlah merugikan diri sendiri, dan tentu saja akan berdampak pada masa depan.

Apalagi akhir akhir ini media sosial sedang marak membahas tentang 'keunikan-keunikan' remaja yang hidup pada era modern ini.
Para netizen memviralkan istilah 'kids zaman now' atau 'generasi micin' saat membahas ataupun membandingkan bagaimana perilaku remaja generasi ini yang sudah mengalami berbagai pergeseran nilai dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.
Pergeseran nilai tersebut ada yang hanya mempengaruhi kebiasaan atau trend yang ada di kalangan remaja, ada pula yang sampai memicu pada penyimpangan perilaku remaja itu sendiri.

Banyak dari para kalangan remaja yang kehilangan masa depan mereka karena pergaulan yang negatif, kebanyakan dari mereka hanya mengikuti trend dan tidak memilah perilaku baik dan buruknya pada tindakan tersebut.
Padahal jika mereka memanfaatkan energi besar dan potensi yang mereka miliki  pada hal-hal yang positif maka mereka akan mendapatkan pengalaman dan prestasi gemilang yang dapat melejitkan dirinya.

Ada dari sebagian remaja, mereka mengekspresikan diri dengan menorehkan berbagai prestasi gemilang, dan tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor yang melatari remaja dalam menentukan pilihan hidupnya untuk mengeksplorasi diri. Walaupun pada umumnya setiap remaja memiliki tingkat perkembangan yang hampir sama , baik itu mengenai perkembangan fisik, mental, emosi dan intelektual, faktor lingkungan memiliki pengaruh penting bagi pembentukan individu remaja, sehingga walau berada pada rentang perkembangan yang sama namun tiap individu akan memiliki karakteristik, potensi dan kemampuan yang berbeda satu sama lain.
2. Kasus Remaja Negatif


 

Setelah membahas tentang
Kasus Remaja Positif , sekarang kita akan membahas tentang Kasus Remaja Negatif ya guys...
                       
Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa.

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut tentunya akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang-orang di sekitarnya.

Masa remaja merupakan masa perubahan atau peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, yang disertai dengan berbagai perubahan baik secara fisik, psikis, maupun secara sosial.
oleh karena itu pergaulan merupakan komponen penting dalam kehidupan karena dalam pergaulan remaja dapat menentukan jati dirinya.


Namun, pergaulan tersebut dapat juga menimbulkan dampak yang positif maupun negatif
Tergantung dari perilaku yang dilakukan oleh remaja itu sendiri
.

A. Dampak
Positif




       Dengan pergaulan, remaja lebih mengenal kepribadian masing-masing orang maupun diri sendiri sekaligus menyadari bahwa manusia memiliki keunikan yang masing-masing perlu dihargai. Dan dari pergaulan, remaja mampu menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan banyak orang sehingga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Dengan pergaulan remaja mampu membentuk kepribadian yang baik yang bisa diterima di berbagai lapisan masyarakat sehingga bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang pantas diteladani. Remaja juga dapat menambah pengalaman dari kegiatan yang dilakukan dalam pergaulan tersebut yang nantinya akan menjadi bahan ajaran untuk berinteraksi dilingkungan sosial dan juga wawasan dalam mengetahui hal hal kecil yang ada disekitarnya.



B. Dampak Negatif



       Karena pergaulan yang terlalu bebas dan melampaui batas, orang-orang jadi kurang mematuhi norma-norma dan adat istiadat. Bahkan para remaja sekarang bisa melakukan banyak tindakan kriminal dan menjadi anak berandalan.
Mereka melakukan hal hal yang mereka anggap benar tanpa melihat akibatnya.
       Para remaja sering kali terbuai dengan kesenangan yang seringkali membuat mereka selalu ingin mencoba hal hal baru hingga membuat mereka terjebak dalam dunia yang sepatasnya tidak mereka dekati, dan karena hal tesebutlah remaja menjadi kegilangan semangat belajar dan malas, mereka juga cenderung meyukai hal hal yang melanggar norma sosial.
       
Kenakalan remaja sudah sangat marak di era modern ini, kasus kasus yang tertampung tiap tahunnya sudah tidak bisa tertampung lagi. Kesadaran para remaja dalam memilah tindakan masih sangat memprihatinkan, apalagi dukungan ilmu teknologi masa ini sudah sangatlah terjamin bagi para remaja untuk membuka situs situs terlarang. Bahkan pornografi sudahlah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh remaja zaman sekarang. Dan hal tersebut sangatlah memicu tindakan seperti seks bebas.

Selain hal tersebut, kasus lain yang menjadi bahan sorotan saat ini adalah penyalahgunaan obat obatan terlarang.
Para remaja yang telah terjerumus dan suka mengonsumsi obat obatan terlarang serta minuman keras akan dengan mudah kehilangan kesadaran dan melakukan hal hal yang sangat merugikan. Mereka akan ketagihan untuk mengonsumsinya terus menerus.

Dari semua tindakan negatif tersebut, pasti ada faktor faktor yang mempengaruhinya, diantaranya yaitu:
- Kontrol diri yang lemah
- Krisis identitas
- Keharmonisan keluarga
- Teman sebaya yang kurang baik
- Komunitas/lingkungan yang kurang baik
            Dari semua ulasan di atas, sahabatnesia tentunya sudah paham betul kan tentang remaja jaman sekarang , nih kita punya beberapa tanggapan dari teman teman tentang apa itu arti Remaja, dan bisa di cek di Instagram @Skansanesia_bawang,  Berikut adalah tanggapannya :

 

0 comments:

Post a Comment