March 13, 2019

Yukk!! Kenali PEMILU 2019 | OSIS SMKN 1 Bawang

     Halo sobat skansanesia jumpa lagi bersama kami ya..
Kali ini masih dalam topik pembicaraan seputar PEMILU 2019 ya sobat.
Coba tebak hari ini pembahasan akan merujuk ke bagaian apa? 
Iya betul pada topik kali ini kita akan membahas tentang gambaran umum tentang PEMILU 2019. 

Pemilu 2019


     Ada yang tahu gak nih seperti apa sih gambaran umumnya PEMILU 2019? yukkk to the point aja ke pembahasan. Jadi PEMILU 2019 kali ini berbeda loh sobat dari PEMILU sebelumnya. Tahun ini Pemilihan Legislatif (PILEG) dan Pemilihan Presiden (PILPRES) 2019 akan digelar secara serentak pada 17 April 2019. Kalian pastinya sudah banyak yang tahu bukan kalau Rangkaian tahapan sudah dilakukan sejak Oktober 2018. So, apa sih yang menjadi hal menarik dari PEMILU tahun ini? Yaaaa jadi dalam PEMILU 2019 kalian yang udah punya hak pilih nih akan mencoblos 5 kertas suara loh. Wahhhh banyak sekali bukan? Ya pastinya dong. 

     Pemilu tahun ini dikenal juga dengan istilah Pemilu Lima Kertas Suara, karena dilakukan secara serentak  untuk pemilih Caleg serta Capres/Cawapres.
Biar sobat skansanesia ngga bingung, nih gambaran surat suara yang nantinya akan kalian temui kurang lebih seperti :
Warna Abu – Abu untuk PRESIDEN dan WAKIL PRESIDEN RI
Warna Kuning untuk DPR RI
Warna Merah untuk DPD RI
Warna Biru untuk DPRD PROVINSI
Warna Hijau untuk DPRD KABUPATEN/KOTA
Gambaran Lebih jelasnya seperti gambar berikut.
5 Warna Kertas Suara Pemilu Serentak 2019
     Hati- hati ya sobat jangan sampai bingung heehhe. Eitsss bukan hanya itu yang membuat sobat skansanesia harus hati- hati nih kita kasih tambahan informasinya masih seputar gambaran kertas suaranya. Design kertas suara untuk Pemilihan Legislatif berukuran 52 cm x 82 cm. design surat suara untuk memilih DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, tidak ada foto. Hanya ada nama calon legislatif. sedangkan, surat suara Pilpres dan DPD RI menggunakan foto.
Nahhhh, harus lebih teliti lagi ya sobat.

     Masih lanjut ke gambaran DPT PEMILU 2019 sobat. Jadi berdasarkan rapat pleno KPU bersama BAWASLU, DKPP, peserta PEMILU dan lembaga pemantau PEMILU diputuskan jumlah DPT Pemilu serentak 2019 sebanyak 192.828.520. Hue hueee itu orang apa uang ya sobat? Heheheh udah pasti itu 192.828.520 orang sobat.

   Generasi Millenial kemungkinan besar akan berpengaruh besar terhadap haisl Pemilu 2019. Menurut lembaga Survey Nasional, sebanyak 42 % DPT berasal dari Generasi Millenial dengan kisaran umur 17 – 35 tahun lebih tepatnya mencapai 70 – 80 juta pemilih dari jumlah DPT di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilu 2019.

     Nah tuh generasi milineal sangat berpengaruh ya dalam PEMILU 2019 ini. Oleh karena itu, sobat skansanesia jadilah calon pemilih tetap yang cerdas dan pastinya tau banyak dong tentang seputar PEMILU 2019 biar tambah mantul dalam memilih.
Jangan bosan untuk terus update informasi yang kita share ya sobat, kuyyy teros kepoin.

1 comment:

Page

Tutorial Blogging Tutorial Blogging Blogger Tricks