March 15, 2019

Yukk!! Kenali PEMILU 2019 : Syarat Menjadi Pemilih | OSIS SMKN 1 Bawang 2018/2019



Hai Sobat!
Jumpa lagi nih bersama kita.

    Tentunya hari ini masih dalam pembahasan yang hangat dong. Saat ini apalagi sih yang asik dibicarakan selain PEMILU 2019? Diantara kalian pasti sudah banyak yang tahu dari berbagai media yang kerap membahas desas - desus PEMILU 2019.

   Sebagai calon pemilih yang cerdas, kita selaku generasi milenial pastinya jangan sampai ketinggalan juga dong dengan informasi seputar PEMILU 2019.

       Sobat, hari ini kita akan membahas seputar pemilu yang bagian mana sih?
Nah, pada hari Rabu, 13 Maret kan sudah membahas tentang gambaran umumnya.
Hal terpenting yang harus teman - teman ketahui selain gambaran umum tentang PEMILU 2019 adalah Syarat menjadi Pemilih di Indonesia.

    Jadi sudah tahukah teman-teman apa saja yang menjadi syarat menjadi syarat menjadi Pemilih Pemula?

Syarat wajib menjadi Pemilih Pemula ada 3. Diantaranya adalah

1. Warga Negara Indonesia
KTP

    Sudah pasti syarat wajib dalam PEMILU adalah yang memilih berkependudukan Warga Negara Indonesia. Bagaimana tidak? Karena yang akan dipilih nantinya adalah masa depan untuk negara. Jadi, tentu saja yang memilih adalah warga negaranya.

2. Berusia 17 tahun
17th

     Syarat yang kedua adalah bagi teman - teman yang sudah berumur 17 tahun dan sudah memiliki E-KTP.

3. Pernah/Sudah Menikah
Buku Nikah

    Nah itu tadi syarat-syarat wajib sebagai Pemilih Pemula di Pemilu 2019. Sudahkah kalian memenuhi syarat? Pasti sudah ada dari kalian yang telah memenuhi syarat tersebut ya. Selain hal di atas, ada syarat lainnya loh. Yakni, tercantum dalam DPT. Apa itu DPT? Pembahasan lebih lengkap ada di artikel Kilas Pemilu berikutnya :)

       Sekian Kilas Pemilu hari ini. Terima kasih telah menjadi Generasi yang membudayakan Literasi. Sampai jumpa besok, Sobat.

Salam Millenial!

0 comments:

Post a Comment